LITBANG-KNPI
Friday, December 24, 2004
:: Hardy, KNPI, dan Sepercik Asa ::
Editorial Radar Sulteng , 24 | 12 | 04

Hardy D. Yambas SH, bukanlah nama asing di telinga masyarakat Sulawesi Tengah karena kiprahnya di dunia kepemudaan sudah tak perlu diragukan.
Tidak jelas, apakah ini terkait dengan darah organisatoris yang mengalir dalam tubuh kakandanya, H Helmy D Yambas? Yang pasti, kedua anak negeri yang pengabdiannya tak perlu disangsikan ini, sudah amat pantas bila terus tampil di panggung pengabdian.....

Hardy, KNPI, Dan Sepercik Asa
Hardy D. Yambas SH, bukanlah nama asing di telinga masyarakat Sulawesi Tengah karena kiprahnya di dunia kepemudaan sudah tak perlu diragukan. Tidak jelas, apakah ini terkait dengan darah organisatoris yang mengalir dalam tubuh kakandanya, H Helmy D Yambas? Yang pasti, kedua anak negeri yang pengabdiannya tak perlu disangsikan ini, sudah amat pantas bila terus tampil di panggung pengabdian.

Jatuhnya pilihan para pemilik hak suara dalam tubuh KNPI Sulawesi Tengah di atas pundak Hardy D Yambas, sudah sejalan dengan harapan masyarakat dan harapan jajaran KNPI ke depan. Apa yang telah dipersembahkan oleh Hj Nourmawati Dewi Bantilan SE, Ketua KNPI sebelumnya, memang sudah terasa. Namun demikian, karena dinamika begitu deras, yang disertai dengan asa-asa yang menggelinding, maka kepemimpinan Hardy Yambas SH dituntut lebih gesit, cerdas, dan tentu saja bersahaja.

Jauhkan pendekatan yang bernuansa "mentang-mentang" agar rasa cinta masyarakat dan jajaran KNPI, bisa semakin mengental. Suara boleh lantang, tetapi hati sarat dengan cinta. Pernyataan bisa tegas, tetapi perasaan tetap harus berkelembutan. Hanya dengan perangai seperti itu, kepemimpinan Hardy Yambas dalam mengendalikan KNPI bakal berbuah "kesejukan". Masyarakat cinta karena kepemimpinan, jajaran KNPI cinta karena kepiawaian. Dan bukti kecintaan itu, karena besarnya pengharapan.


Tentu saja tidak bisa mengharapkan dukungan 100 persen dari masyarakat dan jajaran KNPI sendiri, tetapi bagi Hardy Yambas, harus yakin dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Dengan kesadaran itu, perhatian yang berdimensi partisipatif dari semua pihak bakal tetap menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Jangan ada perasaan split yang justru dapat merugikan KNPI dari banyak sisi dan kepentingan. Hardy Yambas diyakini memiliki kemampuan metodik yang dapat memahami setiap dinamika yang distimulus olehnya.

Dengan demikian, bila dalam perjalanan kepemimpinan Hardy D Yambas terlahir sepercik ketergoresan pihak-pihak tertentu, bagi Hardy itu adalah pesan, sekaligus harapan agar Ia mau memahami, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip berkebenaran dalam organisasi sebesar KNPI.

Tugas KNPI ke depan, memang bukan semakin ringan. Beratnya tantangan yang bakal menghalaunya, bukan dari luar tetapi dari dalam sendiri, terutama ketergodaan atas berbagai "bau harum" di sekitarnya, termasuk sumber bau yang dapat menyudutkan eksistensi KNPI, plus kepercayaan Hardy Yambas sendiri.

Masyarakat percaya, bahwa KNPI dalam kapasitasnya sebagai institusi, memiliki peran dan tanggung jawab dalam pembangunan, dan dalam kapasitasnya sebagai lembaga pembinaan kader dan kepemudaan, KNPI harus berkemampuan taktis dalam memahami keberimbangan kepentingan. Tak terkecuali kepentingan KNPI dan kepentingan non-KNPI. Tarikan yang tak proporsional, dapat mendorong tumbuhnya diskonstruktif, sebagai resonansi pengabaian kepentingan yang lebih besar ketimbang KNPI itu sendiri. Tanggung jawab professional Bung Hardy D Yambas, terikat pada simpul kedua kepentingan. Opsi yang ada, bila keliru dalam memilihnya, KNPI ke depan, akan ternodai, kendatipun tetap akan dicinta oleh masyarakat. Hanya dengan kearifan dan kebersahajaan Hardy dan seluruh kabinetnya, KNPI tetap terdepan dari sisi pengharapan.


Hardy, Anda boleh merasa lelah, tetapi lelah karena pengabdian, tidak akan jauh mendapatkan obat penawarnya. Di tangan masyarakat akan terlahir pujian dan kekaguman bagi sosok generasi muda bernama Hardy D Yambas. Percayalah, kepercayaan yang kuat dari kalangan dalam KNPI akan memberi nilai indikatif, betapa Hardy D Yambas memang harapan bangsa dan harapan generasi muda di daerah ini.

Sukses Bung! Anda akan menjadi pilar dalam pengabdian di segala lini dan tatanan berkehidupan, Insya Allah. Dan, jangan lupa atas sepercik asa di sekitarnya. [Tajuk Rencana Radar Sulteng Jumat, 24 Desember 2004]
posted by MANIFESTO POLITIK PEMUDA @ Friday, December 24, 2004  

Links to this post:

<\$BlogItemBacklinkCreate\$>

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
LITBANG DPD KNPI SULAWESI TENGAH Lembaga penelitian dan pengembangan. Memiliki struktur otonom dalam kepengurusan DPD KNPI Sulteng. Lembaga yang dilaunching pada hari jadi KNPI ke 33 ini merupakan amanat dari musyawarah daerah DPD KNPI Sulteng. email : litbang.knpi@yahoo.co.id
About Me

Name: MANIFESTO POLITIK PEMUDA
Home: Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Links
Kampanye



Photobucket - Video and Image Hosting

></br>
</b></p></td>
                      </tr>
                      <tr>
                        
<td class=Kategori

Powered by



Free Blogger Templates

BLOGGER